yodium katuk

Dua tanaman ini dulu biasa ditanam di pekarangan rumah di desa-desa tapi sekarang kalah dengan berbagai tanaman hias. Padahal keduanya, menurut saya, adalah tanaman wajib yang mestinya dimiliki oleh semua keluarga yang punya anak balita.

  • Daun Katuk

Sekarang mencari daun katuk jauh lebih sulit daripada mencari daun pucuk merah. Ini ironis mengingat katuk adalah tanaman penting yang jauh lebih berguna daripada tanaman hias. Katuk bisa melancarkan ASI, jadi sangat berguna bagi ibu yang punya anak usia 0-2 tahun. Daripada minum obat seperti Asifit, saya lebih menganjurkan makan sayur daun katuk. Efeknya lebih mujarab. Harganya lebih murah. Gizinya lebih lengkap. Dan tak perlu khawatir overdosis.

 

Kita tahu, saat ini banyak sekali bayi yang terpaksa menjadi anak sapi di usia dini hanya gara-gara ibunya tidak bisa menyusui karena ASI-nya sedikit. Produksi ASI memang dipengaruhi oleh banyak faktor, tapi masalah ini bisa diminimalkan kalau si ibu rajin mengonsumsi daun katuk.

 

Katuk sangat gampang ditanam. Bisa distek, bisa juga ditanam dari biji. Cara steknya pun gampang, batang yang sudah tua tinggal dipotong lalu ditancapkan di tanah basah, kemudian disirami setiap hari. Jika tidak ada pekarangan, katuk pun bisa ditanam di dalam pot. Waktu tanam paling pas adalah pada saat si ibu diketahui positif hamil. Jadi, begitu bayi lahir, katuk sudah besar dan siap dipanen. Agar panennya bisa bergantian, kita sebaiknya menanam minimal tiga batang.

 

  • Jarak Cina (Daun Yodium)

Kalau katuk bermanfaat buat ibu menyusui, daun yodium ini bermanfaat buat anak balita, terutama sejak ia bisa berjalan, lebih-lebih jika si anak sangat aktif. Jika si kecil terluka, getah yodium bisa sangat bermanfaat. Cukup dioleskan di lukanya, dalam tempo satu hari saja biasanya luka sudah akan kering dan menutup. Pada saat luka diolesi getah yodium, rasanya memang perih sekali sampai membuat si kecil menangis, tapi efek penyembuhan lukanya jauh lebih bagus daripada Betadine.

 

Sama seperti katuk, daun yodium pun sangat gampang ditanam. Bisa distek, bisa juga ditanam dari bijinya.

Advertisements